Play Hard Study Hard!!

4:14 PM Tann 4 Comments

Beberapa dari kamu mungkin udah pernah denger istilah Play Hard, Study Hard, atau Play Hard Work Hard (whatever).. Kadang-kadang istilah ini dipake sama orang-orang yang suka main untuk 'pembenaran' kalau mereka malas belajar. Hehe.. Saya bilang kadang-kadang lho..

Karena buat saya pribadi, saya termasuk orang yang menganut paham ini. Oke gini, buat saya main, jalan-jalan, nonton ke bioskop, dengerin musik, ngobrol bareng temen-temen (baca: nyampah, ketawa-ketawa sampe jongkeng-jongkeng) dan lain-lain adalah hal yang sangat menyenangkan.SANGAT menyenangkan..

Tapi saya juga sadar satu hal: Yang namanya sekolah, belajar, dan pendidikan, gak bisa disepelekan. Ibaratnya, kalau kita mau beli kehidupan yang lebih layak di masa depan, ya di-DP-in dulu sama pendidikan kita di masa sekarang. Jadi super nerd dan kuper bukan pilihan, tapi jadi super gaul dan bandel jg bukan pilihan yang bijak. Jadi harusnya: PLAY HARD, STUDY HARDER.. :)

Intinya sih, kalau bisa balance di dua-duanya, kenapa engga? Kalo bisa hebat di segala bidang, kenapa engga? Saya jadi inget salah satu temen SMA saya yang pas jaman SMA pinter parah! Ranking 1, anak band, tapi dia juga suka ikut main bareng kita-kita. Pas kuliah, masuk Teknik Informatika ITB yang pada masa itu nomor 1 di Indonesia. Cerita yang lain sahabat saya. Ganteng, idola kakak kelas dan cewe-cewe SMA sebelah, jago sepakbola dan aktif jadi coach selama masa kuliahnya di Teknik Mesin ITB. Lanjut master Mechanical Engineering juga dan sekarang menjabat jadi staff kepercayaan salah satu menteri dan suami saya :)

Kaya Elle Woods di film Legally Blonde. Ya mahasiswa Hukum Harvard, ya Homecoming Queen, ya cantik, ya stylish, ya banyak temen.. Kalo bisa jadi orang yang SUPER OKE, kenapa harus jadi yang rata-rata? :)

Kaya Tony Stark di film Iron Man.. Ya ganteng, ya kaya, ya engineer, ya superhero.. Hehehe


Well.. Singkat cerita, saya mau bagi-bagi dikit tentang prinsip-prinsip yang bisa bantu kamu mencapai balance antara main sama belajar:

1. GET SOME LOSE SOME
Selalu ingat bahwa setiap kamu dapet sesuatu di dunia ini, kamu pasti akan kehilangan sesuatu. In other words sih 'gak ada yang gratis' atau 'semua butuh pengorbanan'. Tsaaah.. Nah, kalau dalam hal ini, Yang namanya pendidikan gak bisa di-lose, jadi kalo kamu mau 'get' main dan sekolah juga, 'lose' nya ya waktu tidur kamu. Bukannya 'get' main 'lose' sekolah. Jadi lebih capek, dong? Ya memang! Tapi mending lebih capek sekarang mumpung masih muda daripada repot nanti-nanti kan?

2. NEVER LET ZERO PROGRESS
Secape apapun, semales apapun, Never Let Zero Progress. Artinya, walaupun sedikit, selalu sempatkan untuk belajar dan bikin progress setiap harinya. Misalnya ngerjain soal matematika 5 soal aja, baca satu sub-bab, atau bikin satu paragraf untuk yang lagi nyusun skripsi. Memang mulainya itu kadang super duper males, tapi coba 5 menit dulu aja. Yang penting ada usaha.

3. GET THE KNOWLEDGE, NOT THE MARK
Kalau kamu mengidentikkan sekolah atau kuliah dengan nilai, ranking, atau IPK, kamu akan kecapean dan stress sendiri. Semua itu cuma 'formalitas di atas kertas' aja. Intinya adalah, kamu dapet ilmunya. Dan sebagai konsumen yang bayar ke sekolah, ilmu adalah HAK HAKIKI yang harus kamu dapet, jadi kalo kamu pergi ke sekolah dan masih gak ngerti apa-apa, masih gak nambah pengetahuannya, kamu patut ngerasa rugi, karena kamu gak dapet 'barang sesuai harga yang kemu beli'

4. LIFE IS A MULTIPLE STAGE GAME
Anggap aja hidup itu games dengan level-level yang berbeda. Setiap naik level, kamu harus siap dengan persenjataan dan amunisi lengkap karena saat 'naik level', tanggung jawab kamu juga akan nambah. Katakan lah jaman SMA peran kita adalah sebagai anak dan pelajar. Dua itu doang, dan masing-masing peran punya tanggung jawab masing-masing. Setelah 'naik level', kita jadi anak, mahasiswa, pengurus organisasi, pegawai part time. Naik 'level' lagi jadi anak, orang tua, istri/suami, pegawai/pemimpin, menantu. Makin banyak! Jadi mumpung masih muda, ayo siapkan senjata dan amunisi kamu supaya bisa mulus naik dari satu level ke level lainnya.. :)

6. MY STUDY STYLE
Cari tahu gaya belajar kamu. Misalnya: kamu lebih ngerti kalau lihat gambar/grafik instead of tulisan berparagraf-paragraf, kalau gitu next time kamu baca text book, bikin poin-poin kamu sendiri dan susun jadi mind-map. Atau kamu lebih masuk belajar pas subuh-subuh, atau tengah malem. Atau kamu lebih enak belajar di perpus atau di rumah. Terserah! Cari tau yang paling nyaman untuk kamu.

7. I AM SPECIAL
Inget kalo kamu PANTES untuk sukses, PANTES untuk berhasil, dan PANTES untuk dapetin apa yang jadi hak kamu (pendidikan, pengetahuan), jadi jangan sia-siakan. Mumpung masih muda, mumpung masih sanggup untuk sekolah/kuliah.. Inget, KAMU SPESIAL! Ga ada yang berhak untuk menghalangi kamu menuju sukses termasuk temen-temen kamu, Wii, PS3, bioskop, band, dll. Jadikan semuanya penyeimbang di hidup kamu..

Ya cantik, ya trendi, ya jago dance, ya pinter lagi sekolahnya. Apa lagi yang kurang dari Agnes? ckck..

Ya super ganteng, ya sekolah SMA 8 Jakarta, ya Arsitektur UI, ya go internasional juga. Duh! pusing deh kalo inget mas Nico ini.. hehe


Nah, segitu dulu tips kali ini.. Mudah-mudahan bisa menginspirasi kamu yah! Kalau mau tahu lebih jauh tentang Kunci Sukses, klik disini.. Have a nice day! ;)

Love,
B

4 comments:

  1. hi mbak sy adhy ni bs minta email buat korepondensi gk?sy mau nanya2 hal spesifik mengenai beasiswa ADS nih, and klo boleh minta proofread form sy dong, sekalian minta masukan and kritik klo boleh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ady.. thanks buat comment nya ya.. boleh banget. kirim aja formulir kamu ke bintan.sholihat@gmail.com ya .. Good Luck!

      Delete
  2. thanks a bunch mbak, I found a balancing blog about education, work and entertainment, stunning,really.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete