Ketahanan Pangan. Simpelnya sih...

6:58 PM Tann 0 Comments

Temen-temen pasti pada udah denger istilah ketahanan pangan atau food security kan? Tapi pasti pada ngebayangin hal yang berat untuk dibahas dan boring.. dan hanya orang tua yang bisa ngomongin itu. Hehe.. Ternyata gak kaya gitu kok..

Simpelnya sih gini: "ketahanan pangan atau food security adalah kondisi dimana semua orang dalam satu negara bisa dapet pasokan makanan yang cukup"




Tapi kita sering denger orang-orang bilang "Indonesia nih gimana sih, katanya lumbung beras tapi kok beras aja ngimpor". "Ih, apa-apa ngimpor, gula impor, beras impor, semua aja impor!". "Duh! beras naik terus! Gimana negara mau maju". "Dasar perut orang Indonesia, gak kenyang kalo gak makan nasi" 
Sah-sah aja untuk berkomentar sebenarnya, tapi coba deh kalo kita lihat..

1. Nasi Melulu :(
Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Semua orang juga tau itu. Tapi taukah kamu, kalo pertumbuhan penduduk kita dan pembangunan kita gak sejalan dengan berkembangnya sektor pertanian? Belum banyak tuh ceritanya pertanian modern dan berkelanjutan (modern sustainable agriculture) di negara kita. Alhasil supply beras gak mencukupi permintaan, jadilah harus impor.

2. Rentan nyo!
Karena ketergantungan kita sama beras, jadi sebenernya kalo ada yang mau nyerang kita, tinggal sabotase aja beras. Nanti orang-orang pada teriak-teriak beras mahal, ngeguncang pemerintah, dsb karena pada tau kalo orang Indonesia ga bisa survive tanpa beras. (oh nooo!!)

Jadi gimana dong??!
Hal kecil yang bisa kita lakukan untuk mendukung food security adalah:

Support Sektor Pertanian :)
Buat temen-temen yang kuliah di jurusan pertanian, Teknologi Pangan, Agribisnis, dan sejenisnya kalian sangat beruntung karena punya kesempatan untuk dapet ilmu untuk ngembangin sektor tersebut. Jangan buang-buang kesempatan dengan sibuk apply kerja ke bank setelah lulus. Buka sejenis 'koperasi petani' versi kamu atau bikin yayasan bareng temen-temen kamu dan kumpulin dana dari perusahaan-perusahaan besar untuk support petani-petani kecil atau untuk mengembangkan teknologi pertanian supaya lebih lancar. Bikin konsultan pertanian dan kerjasama sama Kementerian Pertanian untuk support upaya-upaya ketahanan pangan. Memulai sesuatu yang baru memang sulit, tapi perusahaan sebesar Apple ga akan jadi kaya sekarang kalo ga ada seorang Steve Jobs yang rela jatuh-bangun membangun itu, right? Semuanya balik ke passion.. :)

Buat temen-temen yang gak belajar soal agriculture, coba ubah pandangan kalian. Jangan cuma mikir kalo sektor pertanian itu adalah sektor yang gak berkelas dan kotor-kotoran. Emang kenapa kalo kotor? Kata salah satu detergen juga, kalo gak kotor gak belajar, toh? Hehe.. Dan siapa bilang gak bisa dapet duit banyak dari hasil kotor-kotoran itu? Kalo ada yang berhasil ekspor produk ini itu ke banyak negara atau sukses bikin konsultan pertanian, pasti bisa menghasilkan kok!

Kombinasikan Makanan
Jangan terlalu tergantung sama beras! Sedikit-sedikit coba kombinasikan makanan.. misalnya dalam seminggu usahakan ada 3 hari yang makan makanan selain nasi. Alternatifnya bisa roti, kentang, mie, atau pasta. Atau malah lebih bagus lagi misalnya makan daging, jangan dikasi karbohidrat tapi dampingi dengan sayuran yang banyak. Sesuai juga sama prinsip food combining nya mas Erykar Lebang. lebih sehat juga kan? :)
Kota Depok udan nyoba program 'One Day No Rice'. Bravo!!

Saya sendiri juga lagi berusaha untuk bisa 'bertahan pangan' sendiri. Selama 3 bulan hidup di negeri orang ini, saya coba makan nasi sejarang mungkin. Alhasil, saya hidup-hidup aja tu. Hehehe.. Ini dia beberapa kreasi saya

Cheese Omelette, Kentang Goreng, dan Salad

Grilled Beef dan Hash-Brown Potato

Fetucinne Tuna Pedas

Sebarkan Yang Kamu Tahu
dengan menyebarkan link post ini atau kasih tau orang-orang terdekat dan teman-teman kamu. Setidaknya, kamu akan menolong orang-orang untuk bisa bertahan pangan.. :)

Jadi, siap untuk 'bertahan pangan'?? :)

Love,
B

0 comments: