Dongeng: Bulu Indah Ranu (Pentingnya Merawat Barang Kepunyaan)

 


Sedikit pengantar, selama mendalami Pendidikan Waldorf, saya belajar bahwa dongeng merupakan salah satu alat yang sangat powerful untuk mengarahkan anak kepada kebaikan. Ini adalah salah satu cara mendisiplinkan anak dengan lembut (tanpa mamak perlu keluar urat haha). Pada awalnya saya sering menghantarkan dongeng yang sudah ada, yang saya dapat dari buku/internet. Lama kelamaan, saya merasa bahwa saya membutuhkan dongeng yang lebih spesifik untuk mengarahkan perilaku anak-anak saya. 


Cerita ini saya buat untuk kedua anak saya Zeya (8 tahun) & Reign (4 tahun), yang mana belakangan saya perhatikan belum konsisten untuk merawat barang kepunyaan. Cerita tentang seekor merak bernama Ranu yang pada awalnya bersikap ceroboh, namun mendapatkan kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahannya.


Beberapa makna yang terkandung dalam cerita ini adalah;

  • Pentingnya merawat barang milik sendiri
  • Arti persahabatan
  • Memaafkan diri & memperbaiki kesalahan


Cerita ini dapat di print untuk dibacakan atau dihantarkan langsung oleh ibu sebelum tidur. Saya akan senang jika cerita saya bisa membantu banyak orang tua lain di luar sana, maka dipersilakan untuk mengirimkan link blog tempat dimana cerita ini berada jika ingin membagikannya kepada teman/saudara.


Silakan klik disini untuk mendownload.


Semoga cerita ini bisa mengantarkan kita & anak-anak untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Barakallahu fiik..



Love,

B


Comments

Popular Posts