Baby Play: Rings & Stick

6:12 AM Tann 0 Comments


Dua minggu belakangan saya benar-benar disibukkan oleh kegiatan menemani suami saya yang baru saja dioperasi kanker usus besar. Kami pun (lagi-lagi) pindah tempat dan tinggal di apartemen di dekat RSPAD supaya saya bisa tetap menemani suami dan dan mengurus Zeya, karena tidak mungkin membawa Zeya ke rumah sakit setiap hari.

Konsekuensinya, tempat baru, adaptasi lagi, berantakan lagi lah jadwal Zeya. Apalagi karena saya lebih sering menghabiskan waktu di rumah sakit (dia tinggal di apartemen dengan neneknya), waktu bermain kami berdua menjadi sangat berkurang. Saya sampai galau dan menulis post ini. Akhirnya, saya selalu berusaha make it up dengan meluangkan waktu untuk curi-curi bermain di kegiatan rutin harian saya. Contohnya saat mandi.

Berhubung saya mengurus Zeya tanpa pengasuh, saya pun terbiasa untuk mandi bersama dia. Selain hemat waktu, mandi bersama juga bisa menjadi ajang bonding kami. Selama tinggal di apartemen ini, saya harus menjadi lebih kreatif supaya kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kami berdua; bonding time, Zeya's skill development,  and my own sanity (please!). Hehe.

Nah.. Salah satu permainan yang sering kami lakukan saat mandi akhir-akhir ini adalah permainan Rings & Stick ini. Kebetulan apartemen yang saya tinggali sangat dekat ke Plaza Atrium Senen, sehingga saya bisa membeli gelang-gelang plastik untuk kegiatan ini. Jadi.. Permainannya seperti ini:

Alat:
- 1 buah ember (diisi air)
- gelang-gelang plastik (bisa diganti karet gelang juga)
- 1 buah sumpit (atau 2, untuk emaknya satu)
- 1 buah mangkok plastik (atau gayung) untuk menampung hasil tangkapan

Cara bermain:
- masukkan gelang-gelang plastik ke dalam ember berisi air, aduk air untuk menciptakan pusaran
- bimbing anak untuk mengaitkan gelang pada sumpit
- taruh gelang yang berhasil ditangkap ke dalam mangkuk plastik
- dorong anak untuk menyelesaikan tugasnya sampai akhir

Menurut pengamatan saya, permainan ini bagus untuk melatih hand-eye coordination, patience, nad persistence. Well of course Zeya is not perfect, terkadang dia lost interest di tengah-tengah permainan. But it's alright! Always praise her effort and we can always try again later. And most of all, have fun! ;)

0 comments: