Menstrual Cup: Alternatif Lain selain Pembalut

7:08 PM Tann 2 Comments

So I came accross 1 Million Women website dan menemukan artikel tentang Menstrual Cup ini. Wow! Hal baru banget untuk saya nih.

Kita perempuan, ga mungkin banget ga 'nyampah' setiap bulannya karena datang bulan. Dan sampah pembalut sama hal nya dengan pospak, termasuk jenis sampah yang sulit terurai. Lalu sampailah saya pada artikel ini. Tentang alternatif lain selain pembalut sekali pakai atau pembalut yang bisa dicuci, menstrual cup.

Menstrual cup ini bentuknya seperti corong, terbuat dari silikon (medical grade), dan akan 'menadah' darah bulanan kita. Tapi, karena cara pakainya 'dimasukkan ke bawah sana', jadi mungkin hanya cocok untuk wanita yang sudah menikah (ahem-ahem :p).

Lalu apa kelebihannya si menstrual cup ini?
1. Yang pasti ramah lingkungan karena kita hanya perlu membeli sekali seumur hidup. Bisa dipakai berulang-ulang untuk jangka waktu yang lama, plus no sampah pembalut.
2. Bisa dipakai sampai 12 jam
3. (Katanya) tidak mengeluarkan bau.
4. (Katanya) nyaman dipakai berasa gak pakai.

Hmmm.. Kenapa saya tulis 'katanya'?? Karena saya sendiri belum coba, dan ngilu, bok ngebayanginnya. Hehehe.. Nah bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk mencoba Menstrual Cup ini?


2 comments:

  1. Aku udah cobaaaa, dan setelah di dalam beberapa saat gak berasa ada apapun di dalam. Ini oke banget kalau kata aku mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya mbak? Ini next level sih kalo buat aku. Hihihi.. Harus mengumpulkan keberanian dulu buat nyobanya. Thanks for sharing ya mbak..

      Delete