Busy Baby: Pull the Ropes Box

5:13 AM Tann 0 Comments

Akhir-akhir ini saya menyadari satu hal yang membuat Zey (11 bulan) terhibur: menarik sesuatu, dan seringnya menarik keluar tisu dari tempatnya. Saya bukan termasuk ibu yang langsung heboh atau melarang jika melihat anak "berulah". Biasanya saya tanya apa yang dia lakukan, menjelaskan bahwa benda tersebut bukan mainan sambil membereskannya, dan mengalihkan perhatian dia terhadap benda lain. Namun, setelah beberapa kali, Zey tidak juga bosan dengan aktifitas menarik tisu ini.

Saya pikir mungkin sensasi 'menarik' nya itu yang membuat dia senang. Akhirnya seperti biasa, untuk memuaskan ke-curious-an dia, saya pun membuatkan mainan Pull the Ropes ini (emak hagemaru mode: ON). Hasilnya: Zey bisa anteng sampai setengah jam main tarik tali sana sini. Lumayan, saya jadi bisa melipat jemuran atau ngepel kamar dia. Hehehe..

Cara buatnya gampang. Satu kardus bekas (ukurannya jangan terlalu besar supaya mudah dipegang bayi) dan macam-macam tali. Saya dapat tali dari bekas paper bag, tali bekas mengikat bunga, dll. Setelah itu buat lubang-lubang secara acak di kardus, masukkan satu tali ke satu atau dua lubang dan simpulkan ujungnya. Buat variasi posisi simpul di dalam dan luar box. Voila! Mainan murah meriah. :P

Melihat Zey bermain ini, saya menyadari beberapa pelajaran yang mungkin bisa didapat Zey dari aktifitas bayi ini:
1. Melatih motorik halus. Tangan bayi terlatih untuk menjumput (pincer grasp) karena ujung simpul tali hanya bisa ditarik dengan menjumput.
2. Melatih logika berpikir sebab-akibat. Zey terlihat berfikir keras ketika bermain, "mengapa jika saya tarik simpul yang ini, simpul yang satunya bergerak?"
3. Melatih kesabaran. Ada kalanya dia ngambek jika simpul nya susah untuk diambil, dan pada saat itulah saya bisa menyemangati dia untuk bersabar dan mencoba lagi.

Nah, 1 curiosity problem solved. I believe many more to come! Emaknya harus kreatif terus nih.. Hehe.. Oia, video Zey bermain bersama kotak tali ini bisa dilihat di instagram saya ya @tanita_87 ;)
See you on next post!


0 comments: