Indonesia 70th

7:52 AM Tann 2 Comments

MERDEKA!!
Hari ini 17 Agustus 2015 adalah pertama kalinya saya merayakan hari kemerdekaan Indonesia di Seoul, Korea Selatan. Hari ini juga adalah hari pertama setelah hmmm.. mungkin 13 tahun sejak upacara terakhir saya. Ya, saya dan keluarga mengikuti upacara peringatan HUT RI di Kedutaan Besar RI.

Momen upacara kali ini betul-betul berbeda dengan upacara-upacara lainnya yang pernah saya ikuti. Sekarang saya harus upacara sambil gendong bayi seberat 10kg dan pakai kebaya formal, berdiri di barisan ibu-ibu Dharma Wanita. Tapi bukan, bukan itu yang 'menyentil' saya. Tapi lantunan lagu Indonesia Raya yang entah kenapa terasa khidmat sekali mengiringi pengibaran bendera.

Di situ saya teringat masa-masa ospek saat saya kuliah tingkat pertama di ITB. Salam Ganesha yang menjadi trademark kami berbunyi seperti ini:

"Salam Ganesha! Bakti kami untukmu, Tuhan, Bangsa, dan Almamater! MERDEKA!"

Dan selama ospek jurusan pun kata-kata 'bakti', 'kontribusi', dan 'pengabdian' kepada bangsa dan negara selalu ditekankan kepada kami. Karena kami adalah putra putri terbaik bangsa (insya Allah).

Di situ pun saya jadi wondering, 6 tahun setelah lulus dari ITB, kontribusi apa yang sudah saya berikan untuk tanah air tercinta? Lalu saya pun teringat lagi bahwa salah satu alasan saya ingin menjadi pengusaha adalah karena saya ingin bisa menciptakan lapangan kerja untuk sebanyak-banyaknya orang. That's my big dream. Aamiin..

Lalu saya pun jadi bersyukur. Bersyukur karena diberi kesempatan untuk berdiri disini bersama orang-orang terpilih, mendengarkan lagu Indonesia Raya sekali lagi. Bersyukur karena diberi kesempatan untuk merasakan tinggal di tempat yang budayanya sangat berbeda dengan 'rumah' dan karenanya memberikan banyak inspirasi untuk diterapkan saat kembali ke tanah air nanti. Dan terutama, bersyukur karena despite semua kehebohan Zey nangis dan tangan pegel, momen ini telah igniting my nationalism and patriotism (achachachachah.. :D)

Well..
Dirgahayu Indonesiaku. Doaku cuma satu, semoga revolusi mental nya berhasil. Supaya kita bisa terus maju dan maju dalam segala hal.

Demi Tuhan, Bangsa, dan Almamater..


2 comments:

  1. Senang mendengar mbak menciptakan lapangan kerja. Btw sptnya nyonyaluxe harus nambah pegawai. Paket sy dkirim 8 hari yg lalu, ada bbrp kekacauan. Pertama barang salah kirm ke kota lain, which is kata jne dr awalnya info pihak mbak gak jelas. Tp mnrt mbk dwi sdh 2 kali kejadian bgni ­čś│Kedua, sy minta resi smpe 8 hr blm ada. Krn katanya mbk dwi ada ratusan resi susah ngeceknya. Mustinya diminta atau tidak resi harus diberikan. Jadi sy msh menunggu resi dan barang yg blm tiba. Smg bs diperbaiki sistemnya tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you untuk masukannya, Mbak.. Alamat tidak jelas? Apakah alamat yg mbak kasih sudah lengkap dengan kode pos nya? Semoga paketnya segera sampai ya, Mbak.

      Delete