Langkah Pertama Memulai Berbisnis (Part 1)

7:15 AM Tann 0 Comments



Banyak teman saya yang bertanya "bagaimana caranya memulai bisnis? Harus mulai dari mana? Apa dulu yang harus dilakukan?" (Dan belum sempat saya jawab lengkap satu-satu. Maaf.. :( ).

Pertanyaan itu memang lumrah sekali sih. Tapi jika kamu baca post tentang cerita perjalanan bisnis saya, bisa dilihat bahwa saya memulai semuanya dari jualan. Menurut saya bisnis dan jualan (berdagang) itu serupa tapi tak sama. Jualan adalah tentang bagaimana menjual barang sebanyak-banyaknya kepada customer, sedangkan berbisnis is totally beyond that. Business is about maintaining network, building strategy, developing ideas into actions. TAPI, core nya dari berbisnis adalah jualan. Jadi, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, kuasai dulu ilmu berdagangnya. Mulailah berjualan!

Kenapa jualan? Karena dengan berjualan kamu dapat mengasah hard dan soft skill kamu sekaligus. Banyak pelajaran yang akan kamu pelajari dari 0 dan secara hands on (belajar dari pengalaman). Misalnya saja pembukuan sederhana, desain grafis sederhana (untuk mendesain materi promosi), soft skill & kepribadian karena kamu akan bertemu dengan bermacam-macam orang (baca: customer) yang kadang-kadang ajaib juga lho. Hehe.. Selain itu kamu juga bisa belajar how to persuade people, how to convince them, how to negotiate and solving problems. Semua skill tersebut akan kamu butuhkan untuk berbisnis nantinya.

Lebih jauh lagi, dengan mencoba berjualan kamu akan tahu, is this really my thing or not? Karena sama seperti semua bidang pekerjaan lainnya, bisnis itu cocok-cocokan atau bakat-bakatan. Dengan mencoba terjun untuk berjualan terlebih dahulu kamu bisa tahu apakah kamu memang tipe entrepreneur atau pegawai.

Jualannya apa dong? This is another million dollar question. Jawabannya: apa saja! (asal jangan jual tubuh. Haiyah!) Seperti yang saya tulis di post ini, saya dulu berjualan macam-macam sekali. Sampai akhirnya passion saya tertambat di dunia baju hamil dan menyusui. Suka gambar? Cobalah jual jasa custom gift card atau lukis casing HP. Suka masak: coba jual jasa catering anak kosan. Suka belanja? Tawarkan diri jadi personal shopper buat teman-teman mamamu.

Tapi.. Gak ada modal? No worries! 90% bisnis yang pernah saya jalani dimulai tanpa modal kok. Paling modal HP dan internet doang which is sekarang udah ada dimana-mana. Caranya adalah dengan menjual jasa, membuka pre order sehingga kita bisa mendapat suntikan modal di awal, atau menjadi reseller. Menjadi reseller ini juga merupakan sarana belajar berbisnis yang baik karena kita memiliki resiko yang hampir 0.

Well.. Sekali lagi, itulah saran saya untuk yang ingin mulai berbisnis. Mulailah berjualan, mulai dengan menjadi reseller atau menjual jasa sehingga modal yang dikeluarkan minim dan berujung pada minimnya resiko yang dikeluarkan pula. Langkah selanjutnya akan saya bahas di post lain.

Terakhir, satu hal lagi yang paling penting adalah: just do it. Don't overthink just taste the water and learn how to swim as you go..

Good luck! ;)
 


0 comments: