Speak Up! Sharing Ide Kamu untuk Rio+20 Summit

Halo temans..
Di post kali ini saya mengajak teman-teman semua untuk ikutan dialog tentang isu-isu sustainable development untuk nantinya jadi bahan 'pembicaraan' di Rio+20 Summit di Rio de Janeiro bulan Juni mendatang. Buat yang belum familiar, jadi tahun 1992 (saya juga masih TK nih. haha) ada Rio Earth Summit di Rio de Janeiro, nah 20 tahun kemudian, alias 2012 ini bakal ada kelanjutannya..
Gambarannya bisa diliat di video ini..


Ada 8 Isu utama yang bakal diangkat di summit ini:
1. Perdagangan dan Green Economy
Tahukah kamu bahwa kadang baju yang kamu pake atau makanan yang kamu makan travel lebih jauh daripada kamu sendiri? karena mereka diangkut dari satu tempat ke tempat lain. Di sesi ini, bakal dibahas tentang perdagangan dunia dan gimana caranya provide Green Economy (saya gak gitu ngerti kalo yang ini).

2. Sustainable Energy
Ketergantungan manusia sama bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, gas alam) memang tinggi banget, tapi sayangnya efek jangka panjangnya gak banget! Kita sekarang merasakan apa yang orang-orang jaman dulu lakuin sejak revolusi Industri beberapa abad yang lalu. Cuaca yang gak jelas, lubang ozon, uuhh..

3. Oceans dan Blue Economy
Penting banget! Inget kan nenek moyang kita pelaut dan kita negara maritim. penting buat kita buat tahu gimana caranya merawat wilayah lautan kita. Isu-isu terkait laut seperti overfishing, polusi, dan lain-lain dibahas disini. (my favourite one. hehe)

4. Sustainable Cities
Capek dengan macetnya Jakarta atau bingung ada kota yang indah banget tapi pariwisatanya gak berkembang? Di sektor ini bakal dibahas dimana caranya mengelola kota berkelanjutan.

5.  Food Security and Sustainable Agriculture 
Ketahanan pangan! lihat post saya yang ini, kenapa dia penting.

6. Water Supply
Terutama di negara berkembang macem Indonesia, air masih jadi hal yang mahal. Buktinya aja di sudut-sudut kota Jakarta (yang segitu majunya), masih ada masyarakat yang harus beli air (per galon) untuk minum dan kebutuhan sehari-hari. Lagi-lagi, isu ini penting.

7. Disaster Risk Management and Mitigation
Secara ya Indonesia banyak banget kena bencana (inget! kita ada di deretan gunung berapi aktif), jadi isu ini penting buat diketahui. Gimana caranya masyarakat 'siap' menghadapi bencana dalam artian gak panik dan tau apa yang harus dilakukan, jadi pas bencana terjadi, korban gak terlalu banya yang berjatuhan.

8. Wildlife Conservation and Biodiversity
Keanekaragaman hayati, tentang gimana cara mempertahankannya dan isu tentang binatang dan tumbuhan langka.

Kenapa ikutan dialognya? Untuk apa? Biar apa?

Simple aja sih kalo saya, kalo pengen bikin dunia jadi lebih baik, kenapa gak dimulai dengan menyumbang ide? Itu utopia nya..

Yang lainnya adalah: di kelas Indonesia sering banget disebut-sebut. Isunya banyak! Mulai dari hilangnya habitat orang utan, jumlah penduduk yang banyak, pantai yang indah, usaha oil and gas, rainforest destruction, dan lain-lain. Tapi sebenernya dosen-dosen dan kolega-kolega saya ngomong juga berdasarkan hasil riset orang dan apa yang ada di media alias 'katanya sih..'
Nah, saya pengen nyumbang pemikiran aja sih dari seorang penduduk negara berkembang yang 'katanya sih' banyak bgt sumber daya alam nya, dan punya bentang alam yang indah.. :)

Alasan lain adalah supaya ngelatih tulisan bahasa inggris! hehe.. Kayak yang udah saya bahas disini bahwa salah satu cara untuk melatih bahasa Inggris kita adalah dengan berinteraksi dengan native speaker.

Terus.. Nambah wawasan dan membangun pola pikir dari perspektif yang berbeda. Yang gabung disini orang-orang dari berbagai macam negara dan profesi, jadi seruuu..!

Nah, gimana caranya? Go to www.riodialogues.org dan isi email kamu di kolom ask for invitation (or something like that. hehe). Habis itu ikutin petunjuknya dan udah deh kamu bisa mulai pilih area yang kamu suka dan sharing ide dan opini kamu dengan cara membalas thread-thread yang sudah ada.

Tapi cepet yah!! Summit nya bulan depan dan dialog ini cuma sampe 16 Mei aja.. ;) See you there..

PS: ini Rio+20 Page saya. Hehehe (Baru 2 hari)


Comments

  1. i support this ! let's make Indonesia be a developed country (: ive followed u back but as i didnt use any pic, you will find me on the last page of your followers list <3 xx

    http://mithakomala.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts