Tips Mendapatkan Beasiswa

8:05 PM Tann 1 Comments

Wow..
Saya janji buat nulis tentang tips dapetin beasiswa di post yang ini, tapi ternyata belum-belum aja sampe sekarang. Sorry, guys.. B)

Anyway..
Sebetulnya saya pribadi gak nyangka kalau saya pada akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa master ke Australia. Kenapa? Karena pada saat apply beasiswa, pengalaman organisasi saya sangat minim, kerjaan saya juga gak jelas karena saya merangkap kerja jadi asisten dosen sekaligus ngurus bisnis. Jadi di post kali ini, saya akan bahas tentang tips tersebut dari 'versi saya', jadi kalau kamu liat ini agak beda dari tips-tips yang lain harap maklum.. :p

1. Get Familiar with It
Saat mulai masuk kuliah tingkat satu, saya sudah tau bahwa suatu saat saya harus bisa dapet beasiswa master ke luar negeri. Maka dari itu, sejak saat itu saya rajin cari-cari jurusan yang kira-kira saya minati, universitas yang bagus-bagus, browsing tentang beasiswa yang ditawarkan, bahkan ikut milis beasiswa. Sampe akhirnya saya jadi familiar dan bisa ngeliat 'pola' nya kalau untuk syarat beasiswa tuh rata-rata filternya adalah: bahasa inggris, motivasi yang jelas, dan IPK. Jadi selama masa kuliah saya persiapkan ke arah sana.

2. Jangan Menunda Belajar Bahasa Inggris!
Jangan karena deadline aplikasi beasiswa masih lama jadi menunda belajar bahasa Inggris, karena yang paling penting adalah kita terbiasa dengan itu, jadinya cepet ngerti. Grammar saya emang masih kacau sampe sekarang pun dan saya butuh banyak grammar check untuk nulis dalam bahasa Inggris, tapi at least, beberapa teman international saya disini bilang "wow.. you are not like any other Indonesian I know, you speak quite fluently".. Bravo! yihuuuy.. Anyway, saya nulis tentang gimana caranya belajar English dengan Fun! Klik disini ya.

3.  "Ngetake" Orang yang Bisa Ngasih Referensi
Entah itu dosen atau atasan kamu, utarakan keinginan kamu untuk dapet beasiswa dan minta dukungannya. kasih tau juga bahwa suatu saat kamu mungkin akan perlu surat rekomendasi dari beliau. Maka dari itu, buat kamu yang belum, akan, atau udah lulus, penting banget untuk jada hubungan baik dengan dosen. Jadi kalau sewaktu-waktu kamu butuh surat rekomendasi, udah gak pusing nyari lagi.. :)

4. Minta Doa Orang Tua
Doa yang paling mujarab adalah doa orang tua. Jangan lupa untuk selalu minta doa restu mereka, termasuk dalam hal beasiswa.. :)

5. Niat!
 Persiapkan segala persyaratan sebaik-baiknya. Termasuk motivation letter dan english profiency. Percaya diri, yakin, pasrah pada hasil akhir.

Akhirnya, memang gaka da yang bisa jamin dengan ngikutin tips dari saya akan lolos beasiswa. PAda akhirnya semua kembali pada-Nya, teman. :) tapi jangan khawatir! Apapun hasilnya, pasti yang terbaik.. Good Luck, you all..

Love,
B

1 comment:

  1. Thanks for your lovely comment on my blog:-) btw, mind to follow each other? :D


    http://finalexpectation.blogspot.com/

    ReplyDelete