Hasil Screening Kanker Tahunan (1)

3:38 PM Tann 1 Comments


Bulan Oktober kemarin, setelah satu tahun pasca kemoterapi, suami saya menjalani screening tahunan pertamanya untuk cek kondisi badannya setelah kemoterapi tersebut. Tes yang dijalani cukup banyak mulai dari tes darah, rontgen thorax, sampai CT Scan. CT scan ini yang bikin mules, karena disitu bakal keliatan kan masih ada abnormality atau tidak (karena selama ini setiap 3 bulanan hanya tes darah saja tes nya), terus nunggu jadwal dan hasilnya cukup lama jadi cukup bikin deg-degan. 

Dan hasilnya?

Alhamdulillah bersiiiiiih...
Tidak ditemukan adanya sisa-sisa sel kanker.

Tahun pertama, lega.. Walaupun demikian, kami sekeluarga masih harus menjaga pola hidup dan asupan makanan karena suami masih harus menjalani tes darah rutin 3 bulanan dan sekali lagi screening tahunan sebelum akhirnya kami bisa bilang "we are a cancer survivor". Untuk sekarang, kami sangat bersyukur karena setidaknya rangkaian operasi, kemoterapi, dan ikhtiar herbal yang kami jalani berbuah manis.

So, buat yang penasaran apa saja 'penjagaan' yang dilakukan selama setahun setelah kemoterapi yang kami lakukan?? Beberapa rutinitas yang masih dilakukan suami saya sampai sekarang adalah:
1. Mengurangi makan daging merah & bakar-bakaran.
2. Makan buah setiap pagi sebelum makan apapun.
3. Olahraga minimal seminggu sekali.
4. Minum jamu kunyit (turmeric powder) sehari 1 kali.
5. Minum wheat grass powder sehari 1 kali.
6. Minum suplemen imunitas Transfer Factor Plus sehari 3x.
Selain itu beraktifitas dan makan seperti biasa. :)
Jadi, bisa dibilang tahun ini adalah tahun yang membahagiakan untuk keluarga kami, karena selain hasil tes suami saya bagus, kami juga sedang bersiap menyambut kelahiran anak ke 2. Our family is going to be bigger! Yay! Sekian dulu sharing dari saya kali ini, Mudah-mudahan bisa cukup menyemangati, yaaaa.. Untuk yang masih berjuang dengan cancer, gak ada yang bisa saya bilang selain "tetap semangat, terus berdoa mohon kesembuhan, & yakin pasti sembuh!"

Best,
B

PS: baca perjalanan perjuangan kami melawan kanker di post lainnya:
Cerita awal
Setelah pulang dari Rumah SakitCara membantu pasien kankerPengalaman kemoterapiSetelah selesai kemoterapi

1 comment:

  1. Alhamdulillah....moga suami sehat selalu kak. Ibu saya juga lagi kemo. Udah dapet 2, kurang 10. Ibu saya seneng banget baca cerita kak Bintan. Jadi tambah semangat :D

    ReplyDelete