Pertanyaan Seputar Beasiswa ADS

7:11 AM Tann 10 Comments

Oh wow... Berhubung saya bikin post tentang tips lolos beasiswa ADS dan pengalaman mengikuti beasiswa ADS, jadinya banyak yang email saya, bertanya mengenai beberapa hal terkait hal itu..

nah, berhubung beberapa pertanyaan seringkali sama dari beberapa orang, jadi saya akan jawab juga disini ya. Supaya teman-teman yang lain bisa sama-sama tau informasinya.. jadi postingan kali ini ceritanya Frequently Question and Answer atau FAQ.. :p

1. Waktu itu formulirnya tulis tangan atau diketik?
Saya ditulis tangan, karena form ADS jaman saya masih bentuknya PDF, tapi sekarang kalau gak salah sudah bentuk word, jadi boleh diketik..

2. Pilihan jurusan apakah milih sendiri atau dipilihkan oleh pihak ADS?
Pilihan jurusan dan universitas adalah pilihan kita sendiri, TAPI kita gak diperbolehkan mendaftar duluan, karena nanti urusan pendaftaran dsb akan diurus oleh pihak ADS

3. Pake IELTS atau TOEFL?
Untuk seleksi administrasi, boleh pake TOEFL, tapi gunakan hanyan TOEFL ITP (institutional), atau TOEFL iBT. Artinya, TOEFL prediction gak diperbolehkan. Waktu itu saya tes TOEFL ITP di Universitas Pendidikan Indonesia. Jadwal penyelenggaraan tes nya bisa di cek langsung kesana. Minimal score TOEFL tolong dilihat di formulirnya karena bisa aja beda dari yang tahun sebelumnya. Nilai IELTS resmi diperbolehkan, nilai IELTS prediction tidak.. :)

4. Apakah ada excuse untuk nilai TOEFL/IELTS? Misalnya jika nilainya kurang-kurang dikit?
Saya sendiri kurang tau bagaimana mekanisme penilaian juri, but rumor has it that formulir aplikasi kita di-shortlist berdasarkan nilai TOEFL/IELTS dan IPK, so better prepare for it..

5. CRICOS code apa sih?
Universitas dan program studi di Australia terdaftar di CRICOS, nah itu punya kode masing2. Cek website nya ya.. Ini juga sangat membantu kita untuk mencari course yang kita mau ada di universitas mana. Pilihan studi kita harus terdaftar di CRICOS yaa..

6. Perlu surat rekomendasi gak?
Untuk S2, optional, untuk S3, perlu.. :) Saya sendiri waktu itu gak pake...

7. Kalo milih master coursework perlu bikin proposal penelitian gak?
Gak perlu, kecuali kamu mau ambil master by research..

8. Nantinya kita dilatih bahasa lagi atau gimana? Kalau nilai IELTS kita < 6.5 sementara universitas yang dituju mensyaratkan 6.5 gimana?
Tenang, yg penting dapet dulu beasiswanya.. :D Kalo udah lolos seleksi administrasi, ntar kamu bakal dites IELTS, dan minimal buat lolos disini adalah 5 (gampang kok dapet 5 jadi gak usah terlalu khawatir), nah, kalo nanti lolos beasiswanya, kamu bakal dilesin di IALF Jakarta/Bali (EAP Program) yang lamanya tergantung dari seberapa perlu kamu belajar IELTS. Saya dapet EAP selama 3 bulan di Jakarta.. Tapi ada juga yang 9 bulan, 6 bulan, atau malah cuma 8 minggu..

9. Saya sekarang dimana?
Sampai hari ini 1 Agustus 2011 dan Ramadhan hari pertama alhamdulillah saya masih di Jakarta, ikut EAP yang 3 bulan, berangkat Awal 2012. Jadi ADS prosesnya emang agak lama. Saya apply taun kemarin, baru berangkat tahun depan..

10. Boleh liat gak formulir saya yang dulu?
Karena saya waktu itu hard copy dan tulis tangan, jadi saya udah gak nyimpen. Selain itu, pertanyaan-pertanyaan di formulir it's all about YOU! You know yourself well, right? Jadi jawabannya maaf gak bisa.. :) pede aja kok.. :)


11. Legalisir akte kelahiran dan TOEFL dimana? Translate akta kelahiran dimana?
Di IDP.. :)
Okey segitu dulu yaa.. Good luck good luck good luck buat kamu yang mau apply ADS tahun ini. Me wishing you a very best result.. :)

Tann

Technorati Tags:

10 comments:

  1. kalo IP S1 kurang memuaskan kira kira masih bisa daftar beasiswa ga yaaah huhuhuhu T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya di back up dengan pengalaman kerja, pengalaman organisasi, atau prestasi lainnya nad..

      Delete
  2. Hey,, May I ask you? I hope may, and you are pleased to answer it.

    Can I enroll the scholarship while I'm wearing Veil?? I mean.. Do the universities permit their students to wear Veil??

    ReplyDelete
  3. Thanks for the heads up! IELTS is very challenging and it should not be taken for granted. It needs time as well as constant review and practice.

    ESOL education

    ReplyDelete
  4. Halo, makasih infonya yaa :) Mau tanya untuk akta kelahiran apakah harus menggunakan yang terjemahan bahasa inggris atau cukup yang bahasa indonesia (yang asli)? Terima kasih..

    ReplyDelete
  5. CAN you help me please? masih bingung bgmn ngisi CRICOS code ? dimana bisa dicari list cricos nya? ini sudah hampir deadline AAS aplication form masih bingung juga, harus via OASIS .Bisa dibantu . Thanks a lot

    ReplyDelete
  6. Hai kak. Aku boleh tanya-tanya beberapa pertanyaan? Kalo merepotkan maaf yah kak. Tapi bener-bener butuh info.
    Gini kak, aku mahasiswa semester 2 and pengen banget dapet beasiswa. Kira-kira ada ga yah kak beasiswa lanjutan misalkan kita dari semester 2/4 mau lanjut sampe semester akhir di luar negri? Kalo ada, namanya apa? Makasih kak sebelumnya :)

    ReplyDelete
  7. Hai kak. Aku boleh tanya-tanya beberapa pertanyaan? Kalo merepotkan maaf yah kak. Tapi bener-bener butuh info.
    Gini kak, aku mahasiswa semester 2 and pengen banget dapet beasiswa. Kira-kira ada ga yah kak beasiswa lanjutan misalkan kita dari semester 2/4 mau lanjut sampe semester akhir di luar negri? Kalo ada, namanya apa? Makasih kak sebelumnya :)

    ReplyDelete