7 Alasan untuk Mulai Menjadi Reseller

Hai hai!! Bulan Januari lalu, artikel wawancara saya bersama Mommies Daily sudah terbit. Wawancaranya tentang tips-tips bisnis gituuu.. Yuk cek disini artikelnya.

Udah baca? Nah.. Kalo temen-temen lihat, jawaban dari pertanyaan terakhir which is apa sih tips nya untuk mulai berbisnis adalaaah.. Just pick one already and start selling! Yup! Mulailah berjualan! Kenapaaaa..? Karena berjualan itu satu-satunya jalan untuk mengasah insting bisnis (entrepreneurship) dan memberikan 10 manfaat berjualan terutama untuk para ibu.

Buat yang bingung "JUAL APA?" (pertanyaan yang selalu datang menghampiriku saat orang-orang pengen 'diajarin' bisnis), jawabannya simple; daripada pusing mikirin dulu produk yang buatan sendiri, which is akan juga menyita pikiranmu untuk memikirkan proses produksinya, kenapa gak jadi reseller aja dulu??

Serius deh.. Saya memulai bisnis-bisnis saya dengan menjadi reseller. Dulu bisnis jadi reseller sepatu (saya gak mikirin produksinya, tapi sepatunya saya pakein brand sendiri), terus bisnis pulsa, dll yang bisa dibaca lengkap di post "My Business Story. Menurut saya, jadi reseller adalah jalan pintas buat kamu yang pengen latihan bisnis. Gak percaya? Berikut saya berikan 7 alasan kenapa jadi reseller itu WORTH TO DO banget!

1. Gak perlu pusing mikirin konsep brand atau produk
Proses ini sangat MAKAN WAKTU & PIKIRAN. Asliii.. Apalagi buat yang pertama kali bisnis, pasti kerasa banget susahnya bikin brand. Brand itu lebih dari sekedar logo lho ya. Brand itu adalah semua aspek intangible yang berfungsi untuk 'memasukkan' values produk kamu ke dalam alam bawah sadar customer. Nah lho! Bingung kan? Sama! Saya pun, duluuuu.. Tapi setelah beberapa kali bikin brand sendiri & ikut workshop sana sini, saya jadi semakin terbiasa. Buat kamu yang belum kepikiran bikin brand/produk sendiri? Jadi reseller solusinya! ;)

2. Gak perlu ngemodal besar di awal untuk proses R&D
Proses research & development produk itu makan waktu & biaya. Kalau kita bicara produk baju menyusui MamiBelle, proses R&D include menentukan desain sampai sampel produk. Butuh duit banget! Belum kalo banyak revisi.. Nah, dengan jadi reseller, kamu gak perlu ngeluarin biaya-biaya ini. Biar produsen aja yang ngemodal.. Hehe..

3. Gak perlu ngemodal stok produk dengan jumlah besar
Sudah pengetahuan umum kalo kita memproduksi sesuatu apalagi kalo udah dimerekin itu biasanya harus dalam jumlah besar. Hal kecil aja, packaging. Bayangin kamu punya produk aromanis rambut nenek misaaaal.. Terus untuk pesan packagingnya biasanya ada minimum kuantiti (biasanya 2000 pcs), apa gak duit semua tuh? Kalo iya produknya bisa langsung laku ngeboom. Kalo engga & kamu belum terbiasa dengan berinvestasi? Bisa dag dig dug serr mikirin kapan duit invest nya balik. Dengan jadi reseller, kamu bisa nyetok barang sedikit-sedikit dulu ;)

4. Bisa nebeng "nama besar" brand nya.
Bikin brand sampe bisa dikenal orang itu butuh effort, bossque! Dan dengan jadi reseller brand yang udah trusted, kamu bisa menghemat waktu, tenaga, & pikiran buat hal ini. Kamu tinggal fokus jualan & mikirin gimana caranya meningkatkan penghasilan pribadi kamu. Sisanya serahkan pada sang produsen.. Hehe..

5. Melatih etos bisnis & personal values
Dengan menjadi reseller, kamu biasanya dihadapkan pada serangkaian reseller rules, seperti misalnya tidak boleh menjual di bawah harga yang sudah ditetapkan kecuali atas persetujuan dari produsen. Nah! Latihan banget nih apakah kamu bisa amanah dengan rules itu..? Atau tergoda buat bersaing sama reseller lainnya? Yang jelas business ethic itu adalah sesuatu yang harus dilatih juga jika kamu ingin jadi pengusaha yang berkah, dan latihannya bisa banget pas kamu jadi reseller ini..

6. Membantu mengumpulkan database pelanggan
Masa depan siapa yang tau? Bisa jadi insha Allah kamu diijinkan buat punya bisnis sendiri someday, semua pengalaman & database pelanggan yang kamu kumpulkan dari hasil praktek menjadi reseller bisa banget jadi modal kamu nanti. Selain itu, nama kamu juga akan dikenal sebagai pengusaha (apalagi kalo kamu bisa untuk selalu menjaga hubungan sama customer & dikenal sebagai pengusaha yang aman, beuh mantep), dimana kalo kamu udah "punya nama", insha Allah jualan apa aja laku! Aamiin..

7. Melatih mental bisnis & risk management
Bisnis itu tinggi resiko, modalnya gede, and bla bla bla.. BENER? Iya. Tapi buat yang udah pengalaman bisnis lama, pasti semakin tahu cara mengelola resiko & investasi ini. Dulu sy pernah bisnis kaos (yang berujung kena tipu temen. Wkwk), dan rasanya ngeluarin Rp 1.000.000 aja buat beli bahan tuh berat banget, tapi karena saya gak berhenti berlatih jualan, lama-lama saya terbiasa buat invest, & sekarang jangankan Rp 1.000.000, ratusan juga juga dijabanin kalo memang business plan & prospek nya jelas. Nah, untuk mencapai tahap itu memang gak sebentar & butuh latihan yang banyak, jadi temen-temen bisa mulai dengan modal kecil which is menjadi reseller.. Misalnya mengeluarkan Rp 250.000 buat beli 10 bungkus snack dari distributor. Kalo untuk ngeluarin Rp 250.000 aja rasanya berat & takut gak laku, gimana nanti suatu saat kalo harus ngeluarin Rp 250.000.000? Jalan satu-satunya adalah dengan face the fear & mencoba. Insha Allah sedikit-sedikit sense temen-temen akan risk management ini akan terasah..

Nah, dari pemaparan di atas bisa disimpulkan bahwa menjadi reseller itu sangat LESS RISK. Kita bisa 'nebeng' resiko orang dengan modal yang jauh jauuuuhh lebih kecil dibanding kalau kita langsung terjun berbisnis dengan brand & produk sendiri. Kalau kita sudah terasah skill jualan & managementnya dengan menjadi reseller, insha Allah saat waktunya membuka bisnis sendiri sudah lebih banyak pengalaman & lebih percaya diri. Jadi jelas kan sekarang kenapa menjadi reseller itu adalah langkah awal yang tepat untuk bisa memulai bisnis? :)

Beruntung buat temen-temen yang kebetulan baca postingan ini, bulan Januari lalu saya baru saja melaunching bisnis baru yaituuuu.. MAI! Aromanis! Aromanis bantal rambut nenek terenak, terharum, terlembut, yang pastinya bikin #tergulagula. Di bulan Januari kemarin, hanya 2 minggu berjualan saja saya mampu menjual hampir 300 pcs aromanis. No wonder, karena memang aromanis rambut neneknya tuh lembuuuuut & enak banget beda sama aromanis lainnya. Duh! Kalau ditulis emang gak bisa dirasain sih, tapi yang jelas setiap orang yang coba PASTI SUKA & #tergulagula. Hihi..


Nah, MAI! Aromanis ini membuka peluang buat temen-temen yang pengen menambah penghasilan atau belajar berjualan dengan menjadi Reseller/Distributor MAI! Aromanis. Mau tau gimana caranya? Yuk chat Minsay di instagram @mai_aromanis karena ini lapak pribadi saya. Hahaha..

Semoga postingannya bermanfaat ya, teman-teman! Semangat terus untuk mengembangkan diri & jadi lebih baik lagi dan lagi setiap harinya..


Best,
B

Comments

Popular Posts