10 Manfaat Berjualan Bagi Para Ibu

Bismillah..

Teman-teman, asli saya ini memang bukan blogger sejati, abal-abal tok karena ngeblog emang kalo lagi sempet, mood, mau, & ada bahan aja (banyak syarat. haha).. Apalagi dengan semakin merebaknya fasilitas untuk micro blogging, semakin lah saya males ngeblog. Wkwk.. (jangan ditiru).

Selama beberapa tahun ini saya lebih senang berbagi di Instagram Stories untuk teman-teman dekat, tapi akhirnya saya berpikir untuk merangkum dan mendetailkan sharing saya di blog, supaya mudah-mudahan semakin banyak orang yang bisa memetik manfaat dari hasil sharing saya..

Belum lama ini saya cerita tentang 10 manfaat berjualan bagi para ibu. Yah.. as you know, seperti yang sudah saya ceritakan di post "My Business Story", saya memang gak bisa lepas dari yang namanya jualan sejak umur 11 tahun. Walaupun sekarang MamiBelle alhamdulillah sudah cukup settle & sudah ada management nya sendiri, bukan berarti saya berhenti untuk berjualan direct selling. Di MamiBelle, saya banyak memikirkan & mengevaluasi hal-hal yang bersifat strategis, tapi untuk jualan langsung pun saya gak bisa berhenti! Udah kayak nyandu gitu.. Haha.. Itulah yang bikin saya juga akhirnya melaunching Mai! Aromanis nekat sendirian walaupun kerjaan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga juga cukup menyita waktu..




Jadi apa sih sebetulnya manfaat berjualan untuk para ibu?? Berikut saya paparkan 10 manfaat berjualan untuk para ibu ya, guys!

1. Memberikan “positive distraction” dari rutinitas sehari-hari. 
Supaya gak mumet-mumet amat saat urusan rumah tangga & anak sudah cukup intense. Butuh break? Daripada buat mantengin drakor atau ngeghibah, mending ngehasilin duit. Update instagram, update status WA buat jualan, rekapin jualan. Time is money nya jadi beneran! Hehe.. Cuan! Cuan! Cuan!

2. Berjualan melatih kesabaran. 
Sabarnya dalam berbagai hal lho! Sabar dalam menarik pelanggan, sabar dalam lelahnya packing orderan, sabar dalam melayani pelanggan, sabar dalam menahan diri buat menikmati profit, dll! Katanya butuh sampai 12 kali exposure sampe org tuh mau beli produk kita. Jadi? Sabaaar kl barang belum laku. Sabar juga menghadapi semua dinamika jualan.. Pokoknya sabaaaaar!! Dan saat sabar ini udah kelatih, insha Allah kita bisa lebih sabar juga dalam menghadapi hal lain; anak-anak misalnya, atau suami yang susah ngedengerin omongan istri. Haha..

3. Memberikan penghasilan tambahan. 
Inti dari jualan adalah membantu orang mendapatkan benda/jasa yang dia butuhkan. Impact nya buat kita; penghasilan tambahan. Lumayan banget lah profit nya bisa dipake beli barang kesukaan. Treat yourself ceritanya.. atau malah diinvest-in lagi? Hihi.. 

4. Menambah teman & menyambung silaturahmi.
Banyak kasus dimana gara-gara jualan, saya malah nambah banyak temen baru atau jadi kontakan lagi sama temen lama. Kadang customer jg berujung jd temen, blm lagi kl ketemu sesama #mompreneur di event or seminar. Seneng deh.. 

5. Melatih mental pantang menyerah. 
Barang belum laku? Cari cara lain, cari market lain, hubungi org2 yg berbeda. Bungkusan menumpuk? Sikaaatt!! You got this! 

6. Menambah ke-tawakkal-an pada yg Maha Kuasa. 
Semua hal selalu punya resiko & dalam jualan selalu ada peluang 50% berhasil atau 50% gak berhasil. Eitherway, tugas kita adalah buat ikhtiar. Hasilnya serahkan sama Yang Maha Pemberi. Imani ini?

7. Melatih kemampuan komunikasi. 
Nawarin orang buat beli, nego sama vendor, bikin caption instagram feed, bikin story buat engage customer, handling complain, presentasi, you name it! Yang jelas dengan berjualan bakal melatih skill komunikasi kita dan menambah kepercayaan diri kita sebagai ibu. ;)

Tambahannya.. Jualan adalah mencontoh Rasul & Khadijah. The ultimate role model 😍.. Dengan diniatkan lillahi ta'ala mudah-mudahan ikhtiar kita jadi ibadah & berbuah pahala. Aamiin..

Nah, itulah 10 manfaat berjualan untuk para ibu. So? Jadi semangat jualan kah? Atau ada yang mau sharing pengalaman jualannya? Silakan tulis di comment ya! See you on the next post :*



Best,
B

Comments

Popular Posts