Baby Play: Rainbow ice Pompoms

7:09 AM Tann 1 Comments



Setelah long weekend kemarin kami jalan 4 hari berturut-turut (dan tepar), akhirnya hari Senin ini saya, Zey, dan teteh (asisten baru di rumah) stay at home sedangkan abi Zey pergi ke RS bersama mertua saya untuk menjalani kemoterapi yang ke dua. Sedikit sedih karena selama 2x kemoterapi saya tidak mendampingi suami. Tapi apa dikata, Zey belum apet (dekat) dengan siapa-siapa sedangkan anak kecil tidak boleh ikut masuk ke ruang kemo. Alhasil saya harus cukup puas hanya dengan mendoakan dari rumah dan menyiapkan 'amunisi' untuk dimakan suami sepulang kemoterapi nanti.

Anyway! Berhubung Abi sudah berangkat dari Subuh, jadi saya dan Zey punya waktu banyak di pagi hari untuk bermain bersama. Permainan kali ini saya sebut Rainbow Ice Pompoms. Idenya sih untuk mengakomodir passion Zey yang mana lagi seneng-seneng nya main air dan lagi penasaran-penasarannya sama es batu! Detailnya di bawah ini ya..

Rainbow Ice Pompoms
Alat dan Bahan:
- Cetakan es batu
- Pompom bulu sejumlah lubang cetakan es
- air (untuk membuat es dan untuk mengisi bak)
- bak main (kami baru saja membeli bak ini di IKEA untuk menggantikan bak balon Zey). Bisa juga pakai jolang untuk mandi.
- baskom kecil untuk es batu.
- Aneka sendok, saringan, dan wadah kecil for extra fun!

Jadi.. Malam sebelumnya saya buatlah es batu dengan pompom warna warni di dalamnya untuk kita mainkan hari ini. Besoknya, saya tuangkan air hangat ke dalam bak main dan menyimpan es batu warna warni di dalam baskom. Setelah mengganti 'kostum' Zey, saya bimbing dia untuk masuk ke dalam bak. Game on!


There's so much things to talk about in this play. Berawal dari perbedaan panas dan dingin, padat dan cair, arti meleleh, arti mengalir, menghitung pompom, dll. Dan setelah selesai dengan "pelajarannya", saya biarkan Zey eksplorasi sendiri dengan aneka sendok, saringan, dan wadah kecil sementara saya mengajari ART baru beres-beres (tetep meng-inem. Wkwk). Hasilnya, kurang lebih 1 jam Zey anteng dan fokus exploring. Happy mama happy tot!


Interesting isn't it? So.. You can try to do this with your little one at home because it's really fun and easy to prepare. ;)

PS: tidak perlu minta izin, jika artikel ini dirasa bermanfaat, silakan share. :)

1 comment: