Workshop Sustainable Development bersama Komunitas Sahabat Kota

6:47 AM Tann 1 Comments

Salah satu hal yang saya sukai adalah meng-coaching orang atau mendampingi orang untuk belajar, dan pada tanggal 3 Maret 2013 kemarin, saya diundang untuk menjadi pemateri untuk teman-teman Komunitas Sahabat Kota (KSK). Teman-teman KSK ini nantinya akan mendampingi adik-adik untuk rangkaian acara yang berhubungan dengan Sustainable Development. Untuk itulah mereka perlu belajar dulu apa itu Sustainable Development.

Selama workshop berlangsung, ada beberapa fakta unik lho;
1. Ternyata teman-teman selama ini mengartikan sustainable development hanya sebagai pembangunan fisik perkotaan saja, padahal kan lebih dari sekedar membangun ya.
2. Teman-teman saya 'pusingkan' dengan pertanyaan kritis "apa bedanya sustainable development, develop sustainably, dan continuous development". Walaupun pada keliyengan, tapi kita berhasil diskusi dan menghasilkan jawabannya. Hayooo.. menurut kamu apa bedanya?
3. Teman-teman KSK jago akting banget lho! Hihihi.. terbukti dengan antusiasme nya saat kegiatan role play. Ada yang jadi pemerintah, guru SD, bahkan group ibu-ibu komplek.
4. Ternyata waktu bener-bener gak terasa saat kita melakukan kegiatan yang bermanfaat, secara aktif terlibat (berpartisipasi), dan tidak lupa having fun! :)



Kegiatan yang merupakan bagian dari serangkaian training lainnya ini gak cuma diisi dengan lecture atau kuliah satu arah dari saya, tapi juga diskusi, mengkhayal, bercerita, tertawa, dan bersenang-senang bersama. Semuanya tentu dengan tidak mengesampingkan esensi dari materinya;
1. Apa itu Sustainable Development
2. Bagaimana Cara Menerapkannya?
3. Apa Hubungannya dengan Anak-Anak?
4. Apa yang Dapat Kita Lakukan untuk Mendukungnya?

Terakhir, tentunya gak lupa evaluasi dan foto-foto dong! :)



Buat kamu yang pengen belajar tentang Sustainable Development juga, I'll be more than happy to share. Boleh datang ke kampus atau basecamp kamu. Tapi pesertanya maks 35 orang ya!
Thanks for reading and remember, please be sustainable.. ;)

Love,
BS

1 comment:

  1. Haiiiii kak bintan !!!

    akhirnya ketemu juga blog-nya...
    aq lagi mau buat postingan ESD materi waktu itu.
    dan masih mengingat-ingat 3 pertanyaan kritis pamungkas kakak, hahahaha.

    Have a great day kak,

    ReplyDelete