Mengenalkan Isu Carbon Sejak Dini

7:56 PM Tann 0 Comments

Kenapa harus carbon sih? What's wrong with carbon? Kenapa tahu tentang isu carbon begitu penting? Kenapa banyak banget kata-kata terkait carbon? Apa itu carbon footprint? Carbon Accounting? Carbon Tax? Carbon Trading? Carbon Offsetting? Carbon Audit? Carbon.. Carbon dimana mana!

Kenapa?
Jawaban simplenya adalah karena sebagian besar dari substansi (bahkan tubuh kita) terbentuk oleh gugusan karbon. Carbon ini tersimpan dimana-mana di seantero planet. Bahkan di dalam tanah atau laut dalam selama ribuan tahun (dalam bentuk batu bara, minyak bumi, gas alam), atau tanah permafrost, dan di atmosphere.

Secara natural, Carbon di alam berubah-rubah bentuk oleh proses alam (misal pernafasan) ataupun oleh kegiatan manusia, berkendaraan, membakar sampah, bahkan menebang hutan. Alam mempunyai kemampuan untuk menetralisir carbon buangan tersebut (yang paling umum adalah Carbon Dioxide atau CO2). Atmosphere dan lautan secara alami menyerap kelebihan gas-gas tersebut.

Namun!! Pesatnya perkembangan dan aktivitas manusia telah menghasilkan kelebihan gas-gas carbon (yang populer dengan sebutan greenhouse gases) secara cepat dan banyak, melebihi kemampuan natural alam untuk menetralisirnya.

Akibatnya apa? Efek rumah kaca dan global warming yang berujung pada perubahan opla iklim global, menurunnya kemampuan adaptasi beberapa species, banjir, dan kekeringan. And the list go on.. Kalau mau dibahas disini bisa panjang banget! hehe.. Jadi nanti saya akan bikin post lain yang membahas khusus tentang ini.

Nah, kembali ke mengenalkan isu carbon pada anak, salah satu cara yang menarik untuk dilakukan adalah melalui story telling/cerita dan analogi. Seperti yang ditunjukkan pada video di bawah ini (sudah saya kasih subtitle bahasa Indonesia). Feel free to share if you care! :)



0 comments: