Akhirnya Kembali ke Tanah Air..

1:24 AM Tann 2 Comments

Akhirnya.. pada tanggal 16 Desember 2012, saya kembali ke tanah air (sekarang udah 5 Februari I know.. Telat bgt post nya. hehe). Akhirnya saya berhasil mendapatkan gelar M.sc alias Master of Science in Sustainable Development. Bangga, haru, bahagia, semuanya bercampur aduk, dan walaupun keluarga saya gak bisa datang untuk acara wisuda, tapi teman-teman saya banyak sekali dan itu yang bikin berat untuk meninggalkan Australia.

Photo by: Angga Maulana Sodikin

Photo by: Angga Maulana Sodikin

Selama satu tahun di Australia, bukan cuma ilmu saja yang saya dapat. Tapi juga teman-teman baru, pengalaman kerja, mulut yang puas menyicip berbagai makanan enak, mata yang puas memandang banyak pemandangan indah (walaupun untuk urusan natural beauty, Australia masih kalah jauh sama Indonesia sih), dan yang paling penting adalah menemukan kembali diri saya sendiri. Dalam artian, jadi tahu, cita-cita saya sebenarnya apa sih, apa yang saya suka, apa yang saya mau.. Bukan berarti sebelumnya saya tidak punya itu, tapi saat tinggal sendiri kemarin betul-betul memberi saya waktu to revisit my vision, rethink, and reflect of myself..

Hari-hari terakhir saya di sini diisi dengan kegiatan liburan, belanja oleh-oleh, dan menghabiskan banyak waktu dengan teman-teman saya. Saat hari kepulangan saya ke Indonesia, air mata tak berhenti mengalir sejak dini hari sampai saya menjejakkan kaki di tanah air. Teman-teman saya mengantar ke airport dan kami sama sekali tidak menyangka akan sesedih ini. Mungkin kedengarannya norak, tapi perasaan senasib sebagai perantau dan international students telah menyatukan kami tanpa memandang umur, status, kewarganegaraan, ras, dan bahasa. I love my friends too much!

Well.. Yang pasti, petualangan Australia saya ditutup sementara dulu, karena saya mau kalau bisa rutin liburan kesana (sekalian mengunjungi sepupu-sepupu kecil saya). Untuk sekarang, saya sedang bersemangat menata kehidupan baru bersama suami, mendampingi adik-adik saya untuk mengembangkan diri, dan mencoba terus berkarya dan bermanfaat untuk banyak orang. So long, Australia! I Love you... (But I love you more, Indonesia don't worry. hehe)


xxoooxxoo,
Tann

2 comments:

  1. happy graduation teh bintan...super banget cepet nyelesain M.Sc nya :)
    seneng baca-baca tulisaannya....
    berisi semua ^_^

    ReplyDelete
  2. mohon pencerahan. S1 saya administrasi publik, tp di tmpt kerja skrng saya ditempatkan di unit pengembangan wilayah, dan seringnya kerjanya itu merumuskan rancangan puu rencana tata ruang. saya tertarik utk melanjutkan studi S2 ambil jurusan ttng urban n regional planning. pertanyaaan saya, bisakah lulusan S1 sosial melanjutkan S2 jurusan tersebut? terimkasih jawabnanya..

    ReplyDelete