Cara Membersihkan dan Merawat Rumput Sintetis

Sebelum akhirnya memutuskan untuk pasang rumput sintetis di taman (plus area jemuran) rumah, saya banyak googling tentang cara merawat rumput sintetis, tapi hasilnya kurang memuaskan. Kebanyakan menyarankan pakai vacuum cleaner.. Ta.. Tapi.. Ini kan area outdoor dan saya cuma punya 1 vacuum cleaner. Selain itu ada juga cara dengan menggunakan lap + air detergen tapi saya pikir ini PR banget karena harus dibilas lagi plus gak baik juga buat lingkungan karena air detergent jadi menyerap ke tanah (PS: rumput sintetis saya disimpan di atas paving block berlubang, jadi air tetap menyerap ke tanah. Demi resapan tanah biar gak banjir, bo!).

Rumput sintetis yang bersih juga penting buat saya karena disanalah juga anak-anak sering berkegiatan sensory play atau melukis. So my complicated mind started to think think think.. and voila! Datanglah sebuah ide yang akhirnya membuat saya puas & maka dari itu saya akan share disini, because I was so happy with the result!

Cara ini memiliki beberapa kelebihan:
- Praktis tidak perlu dibilas (tanpa sabun/detergent)
- Instantly bikin rumput sintetis terasa lebih fresh & bersih
- Ramah lingkungan (karena bahan-bahan yang digunakan mostly natural)



Jadi, cara membersihkan rumput sintesis dengan praktis, aman, cepat, dan ramah lingkungan adalah..:

1. Campurkan pada ember: air, cuka apel, baking soda, & sedikit pengharum lantai untuk memberi aroma fresh. Banyaknya larutan bergantung pada luas area yang ingin dibersihkan, tapi perbandingannya kurang lebih untuk 5 liter air, cuka apelnya 250 ml, baking soda 3 sendok makan, & pengharum lantai sesuai selera.
2. Dengan menggunakan sikat panjang atau sikat lantai kamar mandi, sikat kering dulu kotoran-kotoran, rambut-rambut, yang mungkin berserakan atau nyangkut di rumput sintetis
3. Setelah bersih, sikat searah arah tumbuh rumput dengan menggunakan sikat lantai dan larutan tadi. Sikat satu arah ya, jangan maju mundur supaya gak rontok helaiannya
4. DONE! Biarkan kering dengan sendirinya tidak perlu dibilas..

Nah, mudah kan? Selamat mencoba & selamat merasakan sensasi kesegaran rumput sintetismu!


Best,
B

Comments

Popular Posts