Tentang Progress..


Kesuksesan tidak terjadi dalam semalam, dan tidak ada yang bisa menjamin kapan kita akan meraihnya. Tugas utama kita bukan untuk sukses, namun untuk terus berusaha.. Let Allah decide the end result..

Saya jadi ingat jaman bikin TA (tugas akhir) waktu kuliah di ITB dulu. Saya pengen banget mengambil topik & dibimbing oleh dosen pembimbing sy. However, beliau punya keluarga di luar negeri sehingga harus bolak balik kesana (kalo gak salah) setiap 3 bulan sekali. Pilihannya adalah, saya tetap menjadi anak bimbing beliau tapi: lulus maret 2010 (karena manunggu beliau pulang dr ln), atau lulus Juli 2009 yang artinya sy punya waktu hanya sekitar 4 bulan untuk mengerjakan TA (blm urusan gonta ganti topiknya 😑), atau ganti pembimbing. Gak bisa ikut batch kelulusan Oktober seperti mayoritas mahasiswa lainnya. Pilihannya cuma lulus lebih cepet, atau ga.

Challenge accepted, sy coba kejar TA selama 3/4 bulan itu. Dan bener-bener challenging karena basically sy tipe mahasiswa biasa aja, yg ttp suka titip absen & ngerjain tugas SKS ✌ tapi sy berusaha untuk tetap menjaga prinsip 'never zero progress'. Setiap hari, sy kerjakan TA walau cuma 1 paragraf, dan sy kejar pembimbing untuk rutin bimbingan seminggu sekali. Dengan survey lapangan kilat yang alhamdulillah nya dibantu teman-teman sy, akhirnya sy berhasil juga ngejar lulus Juli & jadi lulusan ke 3 di angkatan saya. 18 Juli 2009.. Saya bersama 2 orang teman seangkatan diwisuda bersama senior-senior (teman-teman lain menyusul kemudian di bulan Oktober & Maret). Alhamdulillah..

So the point is, penting untuk yakin bahwa selama kita terus berusaha & yakin, titik terang akan mulai terlihat sedikit demi sedikit untuk apapun permasalahannya.. So, just keep going! Don't quit. Because no matter how small it is, progress is progress.. :)

#bintansays
#bintanandbusiness

Comments

Post a Comment

Popular Posts