My Favorite Yoginis on Youtube

3:45 AM Tann 1 Comments

Hai hai..
Supaya tetap sehat dan bugar tentunya kita perlu berolahraga dengan rutin, dan terutama untuk saya yang suka mager, olahraga penting banget supaya bisa 'bangun' dan semangat terus sepanjang hari. Masalahnya, saya tidak begitu suka olahraga yang bersifat match (melibatkan dua belah pihak dan kita harus melawan pihak lain), ataupun yg high impact. Hahaha.. Nah lho gimana dong..

Akhirnya saya memulai yoga sekitar 3 bulan yang lalu dan ternyata saya suka banget! Menurut saya less effort maximum impact. Hehe.. Beneran lho. Gerakannya slow dan mudah diikuti tapi keringetnya wuiiihhh.. 2 bulan yoga, berat badan saya turun 2 kg dan tidur jadi lebih nyenyak, suasana hati lebih happy. Enak deh!

Selain itu, yang saya suka dari olah raga ini adalah murah dan simple. Cuma butuh yoga mat dan baju yang nyaman and you're ready to go. Gak perlu keluar rumah karena bisa dilakukan sendiri di rumah via Youtube. Banyak banget lho pilihan instruktur yoga di Youtube yang memang memberikan video full class (mulai dari 25 menit sampai 1 jam) dan berikut ini beberapa rekomendasi saya.

Yogayak


Channel Yogayak ini memberikan banyak pilihan untuk pemula. Coba Hatha Yoga flow 1-4 dan lancarkan dulu level itu sebelum maju ke level berikutnya. Sesuaikan gerakan dengan nafas sehingga gak pegel nanti sesudahnya. Favorit saya di channel ini adalah kundalini yoga yang berfungsi untuk 'memijat' organ dalam tubuh sehingga lebih tahan terhadap penyakit.

Yoga with Adrienne



My most favorite yogini on youtube. Cantik, gerakannya mudah diikuti, simple dan banyak banget pilihannya. Mulai dari yoga untuk detox, freeflow yoga, yoga singkat yang bisa dilakukan saat travelling, yoga singkat cuma 4 menit, yoga lama sampai 1 jam, dll. Enaknya Mbak Adrienne ini juga selalu menekankan do what is the most comfortable for you, jadi gerakannya bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu. Beberapa video nya juga menjelaskan dasar-dasar dari pose Yoga.

Ali Kamenova

Nah buat kamu yang sudah cukup lentur atau terbiasa yoga, boleh mencoba kelasnya Ali Kamenova. Lumayan hard core kalau untuk pemula, video yang ditampilkan di channel ini memfokuskan gerakan yoga untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan sang yogi. Kelas-kelas nya Mbak Ali Kamenova yang rata-rata 1 jam ini is really a great cardio workout. Siap-siap handuk kecil di sebelah kamu karena pastinya banjiiiirrrr....

Sadie Nardini

Dibandingkan yogini-yogini lainnya, video-video Sadie Nardini relatif lebih pendek-pendek dan banyak video randomnya juga. Hahaha.. Tapi bagus buat kamu yang mau belajar pose terntentu. Selain itu dia juga punya weight loss yoga flow cuma 20 menit saja! Recommended untuk daily routines.

Yogea Artflow
Yang unik dari channel ini selain dari beragamnya pilihan video yoga adalah 'yoga with purpose'. Disini maksudnya beberapa video yoga memang ditujukan untuk tujuan yang spesifik, misalnya untuk meningkatkan kesuburan, anti-depresi (cek juga yoga untuk 'sadness relieve' atau melepaskan kesedihan di situs Yogayak), untuk menjadi orang yang lebih penyayang, dll. Saya juga belum terlalu paham sih tentang bagaimana yoga 'merubah' tubuh kita, tapi sepertinya gerakan-gerakannya difokuskan pada gerakan yang bisa menstimulasi hormon-hormon yang bikin happy. Worth trying..

Beberapa video yoga ada yang sudah diberi background music yang menenangkan tapi ada juga yang belum. Untuk video yang tidak ada background music nya bisa diputar tandem dengan music-music relaxation, zen music, atau meditation music kaya gini

Nah gimana-gimana? Jadi tertarik yoga? Yang pertama harus dilakukan adalah beli yoga mat dan langsung deh coba latihannya. Ingat ya, harus yoga mat, jangan excercise mat biasa karena biasanya suka licin dan bisa-bisa menyebabkan cedera. Selain itu, hal lain yang harus diingat adalah, tidak ada paksaan dalam yoga. Lakukan sesuai kemampuan kamu, saat suatu pose terasa tidak nyaman, sesuaikan dengan apa yang membuat kamu nyaman. 

Selamat beryoga ria! Namaste..

1 comment:

  1. Salam kenal Sis
    Arti dari senam yoga itu apa yaa? dan manfaat utamanya apa ya sis?
    menurut sis baju senam terbaru berbahan apa yaa yang paling nyaman dipakek senam yoga?

    ReplyDelete