Tips Untuk Kulit Bersih dan Mulus

8:09 PM Tann 0 Comments

Ahemm... Beberapa saudara dan teman saya ada yang bertanya tentang produk skin care apa yang saya gunakan untuk mendapatkan kulit yang cerah dan mulus. Sejujurnya, saya juga gak pernah terlalu memperhatikan apa yang saya pakai untuk kulit saya karena cenderung tidak sensitif dan 'tebel muka' dalam artian dipakein produk apa aja bisa cocok. Hehehe.. Saya juga seumur-umur baru 3x di facial dan sama sekali tidak pernah menggunakan perawatan dokter kulit professional.

 cling cling cling.. hehehe

Nah.. Akhirnya karena cukup sering ditanya, saya merunut kebiasaan-kebiasaan apa saja yang biasa saya lakukan yang mungkin bisa mendukung kulit jadi sehat, bersih, cerah, dan mulusss... Dan sepertinya saya:

1. Eat Well and Drink Plenty of Water
Kalau ada peribahasa "you are what you eat" itu bener banget. If you eat crap, you'll get crappy skin.  Banyak makan sayur (kalau bisa mentah kayak lalab gitu. Haha.. I love being Sundanese) dan buah. Saya sendiri membiasakan sarapan buah dan banyak minum air putih. Like a lot! Saya bisa menghabiskan sekitar 3-5 liter air sehari. Kurangi makanan- makanan yang mengandung lemak, banyak minyak,  junk food is a big no no, soda, makanan dengan banyak bahan kimia.

2. Tidak Merokok
Ada yang bilang kalau merokok membuat wanita terlihat 14 tahun lebih tua dari umur yang seharusnya. Well, lifestyle adalah pilihan, tapi kalaupun kamu memilih untuk merokok, mungkin dikurangi. Entah sampai berapa banyak, kamu yang tahu, yang jelas sampai itu gak bikin kulit kamu kusam atau bibir menghitam.

3. Rajin Cuci Muka
Tiap pagi dan malam sebelum tidur. Wajib tuh.. Pilih sabun cuci muka yang sesuai jenis kulit kamu ya.

4. Gak Lupa Pelembap

Karena kita tinggal di daerah tropis dimana mataharinya sangat menyengat, pilih pelembap yang ada SPF nya. SPF 15 juga sudah cukup kok. Boleh juga untuk memakai serum kaya SKII Facial Treatment Essence atau The Body Shop Vitamin C sebelum pakai pelembap

5. BB cream instead of Foundation
Saya lebih memilih BB cream yang ringan dan mudah diaplikasikan ketimbang foundation yang hasilnya kadang terlalu 'mengcover' sehingga kurang natural. Pilih BB cream dengan warna paling mendekati warna kulit kamu atau lebih gelap (jangan lebih terang. Look scary kalo difoto pake blitz. Hehe). Saya pribadi juga lebih suka BB cream merk Asia dibanding merk Amrik atau Europe. Setelah pake BB cream, sapukan bedak tabur. Ini akan membuat kulit terlihat mulus tanpa kesan medok.

6. Eye Cream dan Night Cream
Sejak menginjak kepala 2, saya mulai rajin pake krem malem dan eye cream. Apa lagi eye cream. Wajib bgt tuh krn saat proses penuaan, yang paling cepet keliatan tuh area mata. Produk favorit saya The Body Shop yang Vitamin E. Sesekali (seminggu sekali kalo inget) saya juga oleskan minyak zaitun sebagai pengganti krem malam.

7. Lawan Gravitasi
Gravitasi membuat kulit kendur dan menurun. Nah, bagaimana cara melawannya? Dengan membiasakan diri mengaplikasikan produk di muka dengan arah yang benar. Jangan pernah mengoleskan lotion, pelembap, BB cream atau apapun ke arah bawah. Selalu bawa ke atas. Contohnya lihat di video di bawah ini ya.



8. Acuhkan Jerawat
Kayaknya wajar untuk setiap cewe muncul jerawat tiap bulan. It's hormonal dan saya juga sering mengalami. Tapi, cuekin aja! Hehe.. Jangan dimainin, jangan dipusingin. It's normal dan akan mengering sendiri seiring perubahan hormon kamu. Kalaupun sangat mengganggu atau semakin besar, dinginkan dengan bedak cair Caladine yang ditotol ke jerawat sebelum tidur. Caladine menganduk salicyl talk dan antiseptic yg akan membantu mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat. It sounds weird, and you'll look like a gecko for the whole night, but it works for me. Hehehe..

9. Be Positive!
Terakhir yang paling pentiiing be positive! Jauh-jauh dari rungsing, iri, misuh-misuh, dan sifat-sifat negatif lainnya yang bisa bikin aura kamu jadi jelek. Be happy inside and beautiful outside. :)

0 comments: