Bikin NPWP online ternyata Gampang Banget!!

8:09 PM Tann 1 Comments

Jadi jadi jadi..
Ceritanya saat saya keterima kerja, saya harus bikin NPWP (selama ini belum punya. Hehehe).. Nah, otak saya langsung seperti kebanyakan orang, stereotype sama pemerintah dan mikir "males deh pasti ribet.. blabla.. blabla.." nah tapi ternyata saya sangat salah sodara-sodara! Ternyata super gampang bahkan gak harus pergi ke kantor pajak. Saya jelaskan proses nya di bawah ini ya.. Dan proses ini berlangsung kurang dari 1 minggu saja.

1. Buat account dan login ke www.ereg.pajak.go.id
2. Pilih 'orang pribadi' kalau kamu mau buat NPWP atas nama sendiri
3. Formulirnya diisi selengkap-lengkap nya (ada satu kolom 'jenis usaha' kalau gak salah. Itu suka tricky. Pilih saja 'tunggal')
4. Setelah itu submit, lalu ada dua dokumen yang harus diprint. Satu Surat Keterangan Terdaftar Sementara, dua print-formulir online yang tadi kita isi.
5. Di atas Surat Keterangan Terdaftar Sementara ada alamat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat domisili kita, nah kedua formulir tersebut plus fotokopi KTP bisa kita kirim via pos ke alamat itu (lebih lama) atau..
6. (Ini yang saya lakukan) menelepon KPP yang bersangkutan dan minta nomor fax-nya. Lalu saya kirim deh via fax si formulir, Surat Keterangan Terdaftar Sementara, dan KTP.
7. 3 hari kemudian, kartu NPWP saya sampai deh di rumah (dikirim via pos oleh KPP yang bersangkutan).

Super praktis! Jadi yuk bikin NPWP.. hehehe

1 comment:

  1. Saya udah dapet no npwp nya gan lewat online juga, kira2 lama ga proses pengirimannya?

    ReplyDelete