Sustainable Development and Water Guest Lecture at ITB

6:58 AM Tann 0 Comments

Sabtu weekend kemarin saya isi dengan mengisi kuliah tamu untuk mahasiswa Magister Pengelolaan Sumber Daya air. Awalnya saya sempat khawatir tidak akan bisa membawakan kuliah ini dengan baik karena sekarang saya bekerja full-time dan undangan pastinya baru dikirim H-1 minggu. Alhasil, semalam sebelum kuliah umum, saya begadang sampai jam 2 pagi dan paginya langsung meluncur ke Bandung.

Alhamdulillah, semuanya terbayar.. Walaupun sempat ada kendala teknis (iPad saya gak compatible sama proyektornya), tapi akhirnya terbantu dengan pinjaman laptop dari salah satu mahasiswa.

Selalu seperti yang saya prediksi, masih banyak orang yang salah mengartikan sustainable development itu sama dengan continuous development atau pembangunan yang berketerusan. Padahal, jelas-jelas berbeda! Sebagian besar juga masih memahami sustainable development hanya terbatas pada pembangunan fisik saja, padahal dalam sustainable development itu, yang di-sustain adalah alam dan kemampuannya dalam mendukung hidup manusia, dan yang di develop adalah kemampuan manusia dalam mengelolanya..

Kuliah umum kali ini juga cukup menantang karena saya hanya punya waktu 3 jam sedangkan untuk merangkum dan memahami sustainable development dalam 3 jam itu rasanya kurang afdol! Tapi saya berusaha sebaik mungkin dan saya juga terbuka untuk diskusi lanjutan setelah acara kuliah selesai.

Akhirnya, acara kali ini berjalan dengan lancar dan seperti biasa saya selalu feeling overwhelmed setelah ngajar. Hehehe.. Sodaqoh ilmu.. Itung-itung sukuran kemaren-kemaren bisa sekolah gratis. :p







BS

0 comments: