Planet Biru, Lautan Biru, Langit Biru, dan.. Ekonomi Biru

3:49 AM Tann 2 Comments

Waktu saya bikin post tentang gimana caranya milih jurusan untuk kuliah S2 disini, saya mention sedikit tentang pentingnya memilih bidang ilmu yang mengikuti trend global. Bukan berarti satu bidang ilmu itu lebih baik dari yang lainnya, tapi coba lihat apa yang terjadi di dunia nyata secara global..

Contohnya seperti video yang saya post di bawah ini. Video ini bercerita tentang konsep ekonomi yang masih sangat baru. SANGAT BARU. Namanya the Blue Economy, atau ekonomi biru. Konsep ini diangkat untuk menyempurnakan the Green Economy yang sudah lebih dulu terkenal, namun disinyalir gak bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat.

Blue Economy ini dicetuskan oleh pengusaha asal Jerman, Gunter Pauli pada tahun 2009 (see, masih baru banget! Baru 3 tahun, kalo bayi mah lagi lucu-lucunya. hehe). Prinsip utamanya adalah memanfaatkan yang ada (sumber daya) semaksimal mungkin. Selama bertahun-tahun, pola kehidupan manusia didominasi sama ambil - produksi - konsumsi - buang..
Nah, konsep ini, bermaksud untuk mengubah proses itu jadi lebih cyclical alias balik lagi ke awal, jadi gimana caranya supaya waste (sampah, sisa) yang muncul sesedikit mungkin.

Lucunya, siapa kunci utama dari Blue Economy? Pengusaha! Yes! That's right.. Buat yang mau jadi pengusaha, jadilah pengusaha yang bertanggung jawab sama lingkungan dan sosial juga, just like mentioned in this video below.. Enjoy! ;)


NB: Video nya punya Simpleshow dan Gunter Pauli. Saya hanya bantu nambahin subtitle Indonesian aja supaya lebih gampang dipahami sama kita semua.. :)

Love,
Tan

2 comments:

  1. I really2 love ur blog saay..super inspiring and its loaded with good info...im following you now yaa ;)

    cheers
    Gie

    ReplyDelete