Tips Mengasah Kreatifitas

4:28 AM Tann 0 Comments

Hello gengs!
Malam ini saya mau bahas soal mengasah kreatifitas. Siapa bilang kreatifitas itu cuma dibutuhkan sama seniman macem panyanyi, pelukis, dan artis? Semua orang butuh kreatifitas. Gak percaya?
nih ya.. Misalnya aja pelajar kaya saya disuruh bikin essay tentang suatu topik, kalau kita gak kreatif, hal yang dibahas pasti itu-itu lagi itu-itu lagi. Contoh lain adalah misalnya di dunia kerja kamu tiba-tiba disuruh bos untuk nyiapin presentasi mendadak, kalo gak kreatif pasti sooo borrriiinngg.. Atau contoh kecilnya nyiapin kado dan surprise untuk istri/suami/pacar. Biar terasa special, pasti butuh kreatifitas dong..

 gak perlu pake brain hat kok, supaya jadi kreatif

Nah masalahnya kita sering banget mandek ide. Alhasil, gara-gara mandek, hal yang harusnya dikerjain, malah jadi gak dikerjain. Nah berikut caranya mengasah kreatifitas:

1. Banyak Baca
Mungkin budaya kita belum greng bgt kalo soal baca, tapi beneran deh. Hal ini bisa bantu buat memperluas wawasan kamu. Dan saat kamu tau banyak, kamu bisa lebih banyak terinspirasi. Baca gak selalu harus dari buku yang tebel-tebel, tapi bisa juga dari blog orang-orang, twitter, berita internet, even 9gag! hehe.. apapun asal baca baca baca!

2. Smart Daydreaming
Alias mengkhayal pintar. Yeah I know, ini kata-kata asal saya aja. Tapi beneran deh. Mengkhayal tuh bisa ngelatih otak kamu untuk menciptakan ide-ide baru. Saya suka takes time sebelum tidur untuk mengkhayalkan masa depan seperti apa yang saya mau, atau dengerin musik sambil ngebayangin kira-kira kalau dibikin video klip nya bakal kaya gimana ya, atau kalau nonton film coba menempatkan posisi kita di si tokoh. Selain mengasah kreatifitas, langkah ini juga bisa mengasah empati dan cara pandang kmu terhadap suatu masalah (dan kemampuan akting, maybe. ngek :/ )

3. Visiting New Places
Bukan cuma liburan atay sweet escape aja yang bisa ngasi kamu 'new vision' lho. Kalo gak ada kerjaan, coba pergi ke tempat-tempat yang mungkin simple tapi belum pernah kamu kunjungin. Misalnya: pasar tradisional, museum di kota kamu, kampus impian kamu (atau kampus orang lain, sekalian ngeceng. wkwk), pasar kaget, panti asuhan, perpustakaan, daerah pinggiran kota yang belum pernah kamu kunjungin, taman kota, dll. Seringkali kamu acuhkan tempat-tempat itu, tapi kalo kamu coba perhatiin apa yang orang-orang lakukan disana, 'rules' apa yang ada disana, siapa yang berperan disana, apa pelajaran yang bisa kamu petik disana, kamu bakalan kaget sendiri betapa banyaknya yang kamu gak tahu di dunia ini.

4. Talk to 'Other' People
Setiap harinya, kita akan berada di zona nyaman orang-orang terdekat kita. Ayah, ibu, saudara, teman-teman. Semakin kita sering bareng-bareng sama orang, semakin visi misi kita menyatu sama visi-misi mereka. Pada titik tertentu, mungkin ada saatnya kamu perlu untuk mencari 'visi' atau pandangan lain. Jangan takut untuk ngobrol sama siapapun. Misalnya next time kamu bimbingan sama dosen, iseng-iseng utarakan impian kamu ke depannya dan tanya pendapat dosen pembimbing. Atau ajak ngobrol orang yang selama ini selalu diem di kelas. Bisa juga spend waktu sebentar basa basi sama penjaga warung sekolah, supir taksi, atau office boy di kantor. Kamu bakal dapetin buanyak perspektif baru, dan biasanya kamu juga akan jadi lebih menghargai hidup. Trust me :)
Takut 'ditolak'? Gak apa-apa, yang penting kan kita gak ada maksud apa-apa, dan kita jadinya cukup tau aja kalau ada orang yang kaya gitu. :p

Jangan malu-malu, ayo sapa orang di sebelahmu. :)

5. Punya Hobby
Apapun hobby kamu, kalau dijalani dengan tekun biasanya bakal berkembang terus seiring berjalannya waktu. Sebut aja kamu hobby masak. Satu bulan kamu coba 4 resep, bulan depannya 6 resep, bulan depannya lagi, kamu bikin kombinasi resep-resep sebelumnya. Secara gak langsung, otak kamu ikutan 'expand' juga lho. Jadi ayo mulai temukan hobby kamu dan tekuni (plus bisa jadi sumber duit juga. hehe)

0 comments: