Tips Lolos Beasiswa ADS

1:10 AM Tann 2 Comments

Okey, setelah sebelumnya saya bercerita tentang pengalaman mendapatkan beasiswa ADS, kali ini, sesuai janji, saya akan memaparkan tips-tips lolos beasiswa ADS.

Here we go...


Tahap Seleksi Administrasi

1. Harus NIAT dan NGOTOT! Jangan setengah-setengah atau berfikir 'yauda coba-coba aja, siapa tau dapet'.. Ini hal yang serius, dan kamu harus memperjuangkannya sepenuh hati. =)

2. Perhatikan saat pengisian formulir. Harus dengan tulisan tangan yang rapi dan bersih. Saat mengirimkan berkas juga dikemas dengan 'cantik'. Kalau waktu itu, semua berkas saya rapikan pakai klip kertas, lalu dimasukkan ke dapam map plastik dulu sebelum dimasukkan ke dalam amplop.

3. Harus haus informasi! Jangan malu bertanya sama senior yang sudah lulus duluan, belajar dari pengalaman orang-orang di internet, baca, baca, baca!

4. Tentukan tujuanmu. Pastikan dari awal mendaftar: mau ambil kuliah apa, mau belajar apa, universitas mana, mau jadi apa nanti setelah lulus, mau memberikan manfaat apa ke masyarakat setelah lulus. Habis itu tuangkan semua cita2 kamu di formulir itu.

5. Di formulir, kamu harus melampirkan nilai TOEFL atau IELTS. Kalau bisa tes dan raih nilai sebagus-bagus. Seleksinya shortlisted lho, jadi yg terbaik yang dipilih.

6. Jangan sampe ada dokumen yang kurang ya.. Juga jangan sampe ada yang kelupaan buat dilegalisir. Buat sertifikat TOEFL/IELTS biasanya kamu harus legalisir dulu ke IDP. Biayanya 30.000 rupiah per lembar kalau gak salah.

Tahap Tes IELTS

1. Latihan IELTS sebelum dapet pengumuman.. Jadi begitu dapat panggilan, gak harus ngebut dan kalang kabut kayak saya. Hehehe

2. Santai pas speaking! Karena ini pengalaman pertama saya tes IELTS, jadinya pas speaking tegang banget. Haha.. tp msh dapet 6, fyuuwhh..

3. Latihan! Latihan! Latihan! Jangan bosen yah! Kalau saya karena gak dapet tempat les IELTS, jadinya belajar sendiri, ngeprint soal2 dan materi.. Untungnya pacar saya sangat mendukung dengan bantuin download materi2 IELTS sampe 2 giga! *lol #lebay

Tahap JST Interview (Seleksi Wawancara)
1. Sebelum wawancara, cari tahu kira-kira pertanyaan apa yang mungkin ditanyakan sama interviewer, bikin kemungkinan jawabannya, trus kalau memungkinkan, latihan wawancara sama teman kamu.

2. Saat wawancara, Confidence is a must! Masuk ruangan dengan santai, senyum.. (walau jantung udah mau meledak rasanya), salami dan sapa interviewer dengan ramah. Jawab pertanyaan to the point dan jangan bertele-tele. Kalau bahasa inggris tiba-tiba blank, ucapkan saja dalam bahasa Indonesia tapi disertai senyum. Tetep senyum!

3. Hati-hati pertanyaan menjebak. Di sini interviewer mau melihat kesungguhan kamu dan seberapa siap kamu nanti hidup di Australia. Jadi misalnya kamu sudah memutuskan mau ke universitas A, tiba-tiba interviewer tanya apa kita mau pindah atau mau gak belajar mata kuliah lain, bilang saja kalau ada sudah mereview beberapa universitas sebagai perbandingan, tapi untuk saat ini, kamu yakin yang terbaik untuk kamu adalah universitas A.

4. Jangan lupa berdoa dan minta doa orang tua.. =)

Sekian tips dari saya.. Good luck buat yang mau ikut beasiswa ADS selanjutnya ya..

xoxo
Tann

PS: untuk pertanyaan seputar ADS, lihat disini yaa

Technorati Tags:

2 comments:

  1. good luck on the scholarship!

    i thought you might be interested in entering my ELF 83-piece makeup palette and nail polish set giveaway!

    http://www.ohtobeamuse.com/2011/02/elf-makeup-palette-giveaway.html

    ReplyDelete
  2. such a good information for me as a beginner. thankyou! :)

    ReplyDelete